Cara Pintar Agar Dapat Memotivasi Anak Rajin Belajar

Menemukan cara kreativ agar dapat memotivasi anak rajin belajar merupakan hal yang begitu penting. Sebab bersama dengan motivasi, seseorang akan terpacu untuk meraih dan menggapai prestasi dalam hidupnya.beberapa orang tua mungkin pernah mendapati anak anda mendapatkan nilai yang tidak diharapkan padahal anda tahu anak anda bisa mendapatkan nilai yang lebih baik. Tentu rasa kuatir seperti ini dapat dipahami, jika berdasar pada tiap orangtua yang selalu menginginkan dapat memberikan putra putrinya masa depan yang lebih baik serta pendidikan yang cukup untuk masa depanya bahkan lebih agar mudah mendapatkan pekerjaan
Lantas apa yang akan terjadi jika anak anda mengalami malas belajar? kekhawatiran kondisi anak yang malas dapat berlanjut mungkin akan terus menghantui anda setiap saatnya.

Oleh berikut ini ada tips Pintar yang bisa dilakukan orangtua untuk memotivasi anaknya agar mau belajar.

*. Libatkan Permainan Dalam Belajar
Tips atau cara ini tentunya akan penting untuk anak-anak kecil.Biasanya tingkat konsentrasi anak-anak hanya akan bertahan sekitar 10 sampai 15 menit dan setelah itu anak-anak cenderung akan mudah lelah. oleh sebab itu mengapa memikirkan permainan dan cara yang lebih bervariatif haruslah di perhatikan agar anak tidak mudah bosan dan tidak ber konsentrasi dengan hal lain selain pelajarannya. misalkan menggunakan alat tulis bergambar dengan warna-warni yang menarik, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian anak anda, namun sebaiknya pastikan jika anda memberikam jeda dari waktu ke waktu agar anak anda tidak mudah bosan. Cara lain untuk membangun minat anak dalam belajar adalah dengan melibatkan game atau permaianan sederhana dalam belajar, dengan begitu minat anak akan menjadi lebih tinggi.
*. Hargai Prestasi Anak
Jika orang dewasa bekerja untuk mendapatkan pernghargaan berupa gaji, hal ini merupakan motivasi yang baik untuk siapa saja, itupula yang terjadi dengan anak-anak. Tidak ada salahnya memberikan reward atau penghargaan terhadap setiap prestasi yang telah didapatkan oleh anak, dengan demikian anak akan merasa terpacu untuk melakukan hal yang lebih baik dan lebih baik lagi. Penghargaan yang diberikan tidak harus melulu berupa hadiah atau barang-barang yang diinginkan anak. Sebuah pujian juga akan membuat anak merasa dihargai. Untuk itu, berikan pujian setiap kali anak berhasil melakukan sesuatu dengan baik.
Itulah dia beberapa tips pintar dalam memotivasi anak agar mau belajar. Semangat anak dalam belajar tentu akan berpengaruh terhadap hasil dan prestasi yang dicapainya. Untuk itu, memberikan dukungan dan motivasi akan sangat dibutuhkan oleh anak.
*Kenali Karakter Anak
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu karakter anak anda sehingga anda mengetahui hal tepat apa yang dapat memotivasi anak serta cara apa yang dapat berimbas sebaliknya. Sama halnya seperti ketika kita menggunakan pendekatan yang perbeda untuk mengajar anak-anak yang berbeda, dengan mencari cara yang sama apa yang dapat memotivasi dan menyatukan anak. Apabila dan mengetahui gaya belajar yang paling sesuai dengan anak anda, maka anda akan lebih mudah dalam menumbuhkan semangat dan motivasi belajar pada anak. Jika anda mendapati anak yang tidak mau belajar atau mengalami masalah terhadap pemahaman, maka anda bisa mendampingin anak utnuk bersama-sama menyelesaikan masalah tersebut, hingga pada akhirnya anak mengerti dan memiliki keinginan menyelesaikan masalah lain dengan sendirinya.

balik ke Home


Lagi Hangat